Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Ciputra Akan IPO di Luar Negeri

Kompas.com - 21/11/2011, 07:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Ciputra berencana menggelar initial public offering (IPO) untuk International City Development Pte Ltd (ICD) di luar negeri. ICD adalah perusahaan holding untuk beberapa usaha properti Ciputra di luar negeri.

Grup Ciputra memegang kepemilikan mayoritas dengan porsi sebesar 40 persen di perusahaan holding tersebut. Sisa saham dimiliki oleh partner proyek Ciputra di China, Vietnam dan Kamboja.

Tulus Santosa, Direktur PT Ciputra Development Tbk (CTRA), menjelaskan, alasan ICD didaftarkan di luar negeri agar mendapat pendanaan yang lebih mudah. “Selama ini proyek Grup Ciputra yang di luar negeri kurang di apresiasi oleh investor di sini. Untuk proyek di China misalnya itu kan 300 hektare. Padahal kalau perusahaan listed di Singapura punya proyek di China Harga sahamnya sudah naik signifikan,” kata Tulus, Rabu (16/11/2011) lalu.

Rencananya ICD akan melepas sekitar 20 persen-30 persen saham. Namun manajemen Ciputra menolak untuk menyebutkan target perolehan dana dari gelaran itu. Dana segar tersebut akan digunakan untuk mengembangkan dan melanjutkan proyek-proyek luar negeri. Rencana ini sudah dibicarakan dengan partner Ciputra di luar negeri.

Itu kenapa ada restrukturisasi saham, misalnya untuk saham CTRA dan partnernya Yolo Group, di proyek kota mandiri di Shenyang Liaoning, China. Keduanya menukarkan saham di proyek itu, dengan kepemilikan di ICD. Rencana ini paling cepat direalisasikan akhir tahun depan. (Raka Mahesa /Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com