Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Bakal Mogok Tiga Jam

Kompas.com - 21/11/2011, 17:22 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Layanan kereta api direncanakan bakal dihentikan selama tiga jam pada 6 Desember 2011 dari pukul 05.00 hingga pukul 08.00. Pekerja melakukan itu demi menunjukkan sikap mereka terhadap ketidakberpihakan pemerintah pada transportasi massal.

Hal itu diutarakan Ketua Umum Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) Sri Nugroho dalam jumpa pers di Bandung, Jawa Barat, Senin (21/11/2011). Pada 17 November, mereka sudah mengirimkan surat kepada Kapolri perihal pemberitahuan mengenai unjuk rasa tiga jam tersebut.

Sri mengatakan, mogok kerja terpaksa dilakukan untuk menuntut pemberian bahan bakar minyak bersubsidi sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2006.

SPKA juga menuntut pemanfaatan lahan yang bisa menjadi pendapatan bagi PT KA akibat ketidakjelasan wewenang. Padahal, menurut data SPKA, hal itu bisa menjadi pemasukan sampai Rp 576 miliar.

"Kami akan mogok kerja, tidak menjalankan kereta api penumpang dan barang di Jawa dan Sumatera," ujar Sri dalam siaran persnya.

Sebelum memutuskan mogok, SPKA sudah berupaya meminta perhatian dari pemerintah dengan menghubungi beberapa lembaga mulai Kementerian Energi dan  Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, hingga Komisi V dan Komisi VI DPR.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com