Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Janji Bantu Italia, Asia Bergairah

Kompas.com - 28/11/2011, 09:28 WIB
Anastasia Joice

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com- Pasar saham Asia dibuka menguat pada perdagangan awal pekan, Senin (28/11/2011) ini. Hari Minggu sebelumnya, tersiar kabar bahwa Dana Moneter Internasional (IMF) sudah mempersiapkan bantuan finansial untuk Italia. Kurs euro pun menguat.  

Indeks Nikkei Jepang naik 1,8 persen, S&P Australia naik 1,9 persen, Kospi Korea naik 1,8 persen dan indeks Selandia Baru naik 0,5 persen.   Para investor bereaksi positif atas berita dari harian La Stampa di Turin.

La Stampa mengutip sumber IMF mengatakan bahwa IMF dapat menyediakan dana antara 400 miliar dan 600 miliar euro sebagai bantuan finansial terhadap Italia. Dengan adanya dana ini, pemerintahan Perdana Menteri Mario Monti memiliki waktu untuk memperkenalkan program pengetatan selama 12 dan 18 bulan.

Pengetatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan pasar bahwa Italia dapat membayar utang-utangnya. Monti dijadwalkan memaparkan langkah reformasinya pada 5 Desember mendatang.  

"Salah satu keprihatinan terbesar mengenai Italia adalah mengenai bagaimana mereka mendapatkan pendanaan. Bagaimana membayar obligasi yang akan jatuh tempo dalam jangka waktu 12 bulan ke depan, jika ini masih menjadi masalah tentu akan membuat tekanan baru," ujar Brad Gordon, pialang pada Macquarie Equities.

Tetapi beberapa analis masih tetap meragukan apakah langkah IMF yang akan diambil itu dapat berjalan dengan baik. "Mengingat krisis Eropa sudah merebak ke negara lain, kemungkinan langkah IMF untuk Italia ini tidak mencukupi," ujar Hideyuki Ishiguro, analis investasi pada Okasan Securities.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com