Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Lanjutkan Kenaikan

Kompas.com - 22/12/2011, 08:24 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah lanjutkan kenaikan untuk hari ketiga di New York Mercantile Exchange, Rabu (21/12/2011) waktu setempat, seiring dengan cadangan minyak Amerika Serikat mengalami penurunan terbesar dalam satu dekade ini.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Februari naik 1,43 dollar AS menjadi 98,67 dollar AS per barrel di Nymex. Harga minyak pun sempat turun ke posisi 98,17 dollar AS sebelum dikeluarkannya laporan pada pukul 10:30 AM waktu Washington, kemudian naik ke harga 99,25 dollar AS per barrel.

Sementara minyak Brent untuk penetapan Februari naik 98 sen, atau 0,9 persen, menjadi 107,71 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange di London.

"Ini merupakan goncangan dan (ini) akan menjadi kondisi bagus (bullish) untuk minyak," ujar Rich Ilczyszyn, Chief Market Strategist dan pendiri Iitrader.com, di Chicago, Rabu waktu setempat.

Departemen Energi AS melaporkan pasokan minyak mentah turun 10,6 juta barrel menjadi 323,6 juta barrel. Itu penurunan terbesar sejak 16 Februari 2001. Angka tersebut meleset dari perkiraan survei Bloomberg. Analis dalam survei tersebut mengira pasokan hanya turun 2,13 juta barrel saja.

Sementara itu, Andy Lipow, Presiden Lipow Oil Associates LLC, di Houston, para penyuling sedang berusaha untuk mengurangi pasokan bulan ini untuk meminimalisasi pajak mereka di Texas. Baik Texas dan Louisiana memberlakukan pajak mereka berdasarkan nilai pasar dari pasokan sejak 1 Januari lalu. "Ini berdampak pada peningkatan ekspor dan mengurangi impor minyak mentah," ujar Lipow.

"Kondisi ini tentu akan menghilangkan ketakutan dari pasar untuk sementara," tambah Ilczyszyn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com