Beli Yahoo, Alibaba Pakai Jasa Perusahaan Lobi

Kompas.com - 29/12/2011, 08:48 WIB
Penulis Orin Basuki
|
EditorNasru Alam Aziz

WASHINGTON, KOMPAS.com -- Kelompok usaha asal China Alibaba, menyewa perusahaan jasa lobi Duberstein Group Inc dalam usahanya menyampaikan penawaran beli atas seluruh kepemilikan Yahoo Inc. Langkah ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika pembicaraan pembelian kembali kepemilikan Yahoo Asia tidak berhasil.

Demikian dilaporkan kantor berita Reuters dari Washington DC dan New York, Kamis (29/12/2011). Reuters juga melaporkan bahwa Softbank Corp asal Jepang telah terdaftar sebagai afiliasi Alibaba dalam melobi kesepakatan dengan Yahoo. Meski demikian, Alibaba masih menolak untuk berkomentar.

Alibaba tertarik membeli kembali 40 persen saham yang dimiliki Yahoo. Namun, itu dilanjutkan dengan kemungkinan membeli saham Yahoo secara keseluruhan. Namun, kini Yahoo mempertimbangkan usul Alibaba dan Softbank untuk membeli saham Yahoo pada perusahaan China dan Jepang dalam sebuah kesepakatan yang rumit. Ini bernilai 17 milliar dollar AS.

Yahoo kini memegang 35 persen saham di Yahoo Japan, di mana Softbank sebagai mayoritasnya. The Duberstein Group sendiri dipimpin mantan Kepala Staf Gedung Putih zaman Presiden Ronald Reagan. Klien mereka saat ini antara lain BP America Inc, Goldman Sachs & Co, dan Pfizer Inc.

Hukum AS menyatakan bahwa sebuah perusahaan penyedia jasa lobi diharuskan mengumumkan kesepakatan dengan kliennya dalam 45 hari. Dokumen Alibaba menunjukkan bahwa penggunaan perusahaan lobi itu berlaku mulai 1 Desember 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.