Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Merauke dan Merpati Sepakati Harga Tiket

Kompas.com - 18/01/2012, 15:08 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Merauke dan PT Merpati Nusantara Airlines mencapai kesepakatan kerjasama operasional (KSO) pesawat Boeing 737-300 bernama Kli milik Pemkab Merauke.

Kedua pihak juga sepakat melakukan pembatasan harga tiket Merauke-Jakarta sebesar Rp 2,8 juta sebagai bentuk pelayanan sosial kepada masyarakat Merauke. "Kami akan segera menendatangani KSO Kli, direncanakan sebelum 31 Januari," ungkap Bupati Merauke Romanus Mbaraka di Merauke, Papua, Rabu (18/1/2012).

Diungkapkan Romanus, dalam salah satu poin kerja sama operasional itu disepakati, salah satu dari tiga pesawat Boeing 737-300 milik Pemkab Merauke yang dioperasikan PT Merpati lebih mengutamakan pelayanan sosial daripada tujuan mencari profit.

Hal itu diwujudkan dengan pembatasan harga tiket Merauke-Jakarta melalui Makassar seharga Rp 2,8 juta, demikian juga Jakarta-Merauke via Makassar.

"Pelayanan sosial sesungguhnya adalah makna pembelian pesawat itu. Maka sebagai wujud pelayanan sosial kami minta tiket Merauke-Jakarta transit Makassar Rp 2,8 juta dan diterima Merpati," kata Romanus.

Tiket Merpati selama ini banyak dikeluhkan warga Merauke karena relatif mahal padahal pesawat yang dioperasikan adalah pesawat milik Pemkab Merauke yang dibeli dari dana APBD Merauke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com