Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar Upah Baru Dibahas Lusa

Kompas.com - 01/02/2012, 12:48 WIB
Orin Basuki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Seluruh gubernur di Indonesia akan dikumpulkan di Jakarta pada 3 Februari 2012 untuk menentukan penetapan upah yang lebih seragam. Pertemuan itu akan melengkapi hasil pembahasan antara Wali Kota dan bupati se-Banten pada Selasa sore ini.

"Untuk itu supaya semua satu sikap dalam penetapan upah. Jadi pada hari jumat, ada pertemuan seluruh gubernur di Indonesia agar penetapan upah minimum bisa seragam. Hari ini pukul 3, saya kumpulkan seluruh bupati dan walikota, serta pengusaha dikumpulkan supaya tidak ada lagi persepsi berbeda," ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar di Jakarta, Rabu (1/2/2012) seusai menghadiri rapat koordinasi di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian.

Menurut Muhaimin, pertemuan dengan para gubernur pada 3 Januari 2012 dilakukan untuk menekan kecenderungan pemerintah daerah yang membuat sendiri peraturan daerah. "Makanya nanti harus ada peraturan yang tegas, seperti kemarin (saat terjadi unjuk rasa buruh se-Bekasi) di sini (di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian), asosiasi pengusaha, serikat pekerja, dan pemerintah sepakat untuk tidak melakukan hal yang serupa (beda pendapat lalu berujung unjuk rasa)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com