Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GMNI Protes Rembuk Transformasi BUMN

Kompas.com - 17/02/2012, 18:36 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Balikpapan menggelar aksi di depan Hotel Benakutai, Balikpapan, Jumat (17/2/2012) sore, saat berlangsung acara Rembuk Transformasi BUMN Menuju Ketahanan Ekonomi Nasional di hotel tersebut.

Mahasiswa mendesak bahwa pembangunan ekonomi harus berpijak pada kepentingan rakyat.

Di acara tersebut, mantan Wapres Jusuf Kalla menjadi salah satu yang memberi sambutan, selain Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Menteri BUMN Dahlan Iskan rencananya juga memberi sambutan, namun sebelum acara harus terbang ke Jakarta karena dipanggil Presiden.

"Kami tidak memprotes siapa yang berada di dalam hotel. Yang kami protes adalah acara itu. BUMN-BUMN dipacu sekarang ini, dan mengorbankan kemandirian ekonomi masyarakat. Pola yang diterapkan BUMN adalah top- down, sedangkan yang dibutuhkan masyarakat adalah bottom-up," kata Adhitiyo Yudho Abadi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang GMNI Kota Balikpapan.

Pemodal asing yang bakal masuk seiring dipacunya BUMN atau proyek pembangunan lain, dilihat sebagai bahaya yang berdampak pada matinya sektor informal masyarakat. Belum lagi dampak pencemaran lingkungan.

Selain menyuarakan seputar BUMN, GMNI Balikpapan juga menyampaikan sejumlah tuntutan, seperti turunkan SBY-Boediono, revisi UU Penanaman Modal Nomor 25 Tahun 2007, dan revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com