GMNI Protes Rembuk Transformasi BUMN

Kompas.com - 17/02/2012, 18:36 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Balikpapan menggelar aksi di depan Hotel Benakutai, Balikpapan, Jumat (17/2/2012) sore, saat berlangsung acara Rembuk Transformasi BUMN Menuju Ketahanan Ekonomi Nasional di hotel tersebut.

Mahasiswa mendesak bahwa pembangunan ekonomi harus berpijak pada kepentingan rakyat.

Di acara tersebut, mantan Wapres Jusuf Kalla menjadi salah satu yang memberi sambutan, selain Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Menteri BUMN Dahlan Iskan rencananya juga memberi sambutan, namun sebelum acara harus terbang ke Jakarta karena dipanggil Presiden.

"Kami tidak memprotes siapa yang berada di dalam hotel. Yang kami protes adalah acara itu. BUMN-BUMN dipacu sekarang ini, dan mengorbankan kemandirian ekonomi masyarakat. Pola yang diterapkan BUMN adalah top- down, sedangkan yang dibutuhkan masyarakat adalah bottom-up," kata Adhitiyo Yudho Abadi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang GMNI Kota Balikpapan.

Pemodal asing yang bakal masuk seiring dipacunya BUMN atau proyek pembangunan lain, dilihat sebagai bahaya yang berdampak pada matinya sektor informal masyarakat. Belum lagi dampak pencemaran lingkungan.

Selain menyuarakan seputar BUMN, GMNI Balikpapan juga menyampaikan sejumlah tuntutan, seperti turunkan SBY-Boediono, revisi UU Penanaman Modal Nomor 25 Tahun 2007, dan revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.