Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Bunga Bank Sama

Kompas.com - 12/03/2012, 23:57 WIB
Dewi Indriastuti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Di perbankan Indonesia, prinsip time value of money belum berjalan. Dengan prinsip ini, waktu berpengaruh terhadap tingkat bunga. Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengemukakan hal itu di Jakarta, Senin (12/3/2012).

"Artinya, tingkat bunga deposito sebulan mungkin hampir sama dengan tingkat deposito setahun. Padahal, seharusnya tidak!" tegas Darmin.

Menurut Darmin, untuk mengubah hal ini perlu proses, termasuk berkomunikasi dengan masyarakat. Saat ini saja besaran tingkat bunga penjaminan sebenarnya diterapkan untuk deposito berjangka waktu beberapa lama.

"Kalau yang dijamin itu yang mana? Yang setahunkah? Yang sebulankah? Tiga tahunkah? Belum tahu, kan?" ujar Darmin.

Pada praktiknya, seharusnya ada tingkatan suku bunga yang berbeda untuk deposito yang jangka waktunya berbeda. Darmin menyatakan, seharusnya suku bunga deposito satu bulan, berbeda jauh dengan deposito satu tahun.

"Apalagi dengan yang tiga tahun," tambah Darmin.

Pantauan Kompas pada salah satu bank swasta di Indonesia, suku bunga deposito rupiah berjangka waktu 1 bulan sebesar 6 persen. Suku bunga yang sama diberikan untuk deposito rupiah berjangka waktu 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Ada juga bank yang memberikan suku bunga berbeda untuk setiap jangka waktu. Deposito 1 bulan diberi bunga 5 persen, deposito 3 bulan diberi bunga 5,25 persen, deposito 6 bulan diberi bunga 5,5 persen, dan deposito 12 bulan diberi bunga 5,75 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com