Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Melemah, Emas Kembali Naik

Kompas.com - 25/04/2012, 07:55 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas berjangka naik selama tiga kali dalam empat sesi perdagangan di New York, Selasa (24/4/2012) waktu setempat, seiring dengan melemahnya dollar AS sehingga meningkatkan permintaan emas sebagai alternatif investasi.

Kontrak emas berjangka untuk pengantaran Juni naik 0,7 persen menjadi 1.643,80 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada Selasa pukul 1:42 PM, di Comex, New York. Sepanjang tahun ini, harga telah naik 4,9 persen.

Penyebabnya, dollar AS melemah 0,4 persen terhadap sejumlah mata uang utama seiring dengan imbal hasil yang rendah dari obligasi Spanyol dan Italia. Hal itu lantas mengikis kekhawatiran krisis utang Eropa akan memburuk. "Berita dari sejumlah stabilitas di Eropa mendorong dollar AS turun," sebut Sterling Smith, analis pasar Country Hedging, di St. Paul, Minnesota, Selasa waktu setempat.

Ia pun mengatakan, orang bersedia mempertimbangkan aset yang berisiko sekarang ini. Sekarang ini, sejumlah negara kian menumpuk emas sebagai cadangan.

Menurut data Dana Moneter Internasional (IMF), Meksico meningkatkan cadangan emasnya sebesar 16,8 metrik ton menjadi 122,6 metrik ton pada bulan lalu. Negara lain seperti Turki, Rusia, Kazakhstan, juga meningkatkan kepemilikan emasnya pada Maret lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com