Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacific Royale Airways Siap Beroperasi Juni 2012

Kompas.com - 11/05/2012, 18:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pacific Royale Airways yang mengklaim sebagai maskapai penerbangan swasta pertama di Indonesia yang memiliki layanan full-service berhasil memenuhi syarat regulasi fase keempat dari lima fase yang ditentukan oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU), Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk sertifikasi.

Siaran pers Pacific Royale, Jumat (11/5/2012), menyebutkan maskapai penerbangan ini telah memenuhi persyaratan regulasi demonstrasi dan inspeksi yang prosesnya dilaksanakan pada tanggal 20-24 April 2012 untuk memperoleh sertifikat Air Operator Certificate (AOC) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Saat ini, Pacific Royale Airways berada dalam tahap persiapan untuk melanjutkan proses persiapan fase kelima yaitu tahap Sertifikasi. “Proses Demonstrasi dan Inspeksi berhasil kami lalui dengan baik dan kami dinyatakan memenuhi semua syarat di fase empat. Tersisa satu tahap lagi untuk dilalui untuk mendapatkan sertifikat dan kami optimis rencana Pacific Royale Airways untuk mengudara pada bulan Juni 2012 dapat terlaksana sesuai jadwal," kata Chief Executive Officer Pacific Royale Airways, Samudra Sukardi.

Untuk mempersiapkan penerbangan perdana, Pacific Royale Airways telah mendatangkan 2 buah pesawat tipe Fokker F50 dengan nomor registrasi PK PRA dan PK PRB dari Fokker Aircraft Belanda pada bulan Maret 2012 lalu. Saat ini, kedua pesawat tersebut sedang melalui proses pengecatan dan pemeliharaan secara terpisah di Bandung dan Batam.

Samudra Sukardi memaparkan pada tahun pertama beroperasi, Pacific Royale Airways akan memiliki 5 pesawat Fokker 50, 4 pesawat A320 and 1 pesawat A330 yang akan didatangkan dan dipersiapkan secara bertahap.

Pada fase pertama penerbangannya, Pacific Royale akan terbang ke 12 rute domestik seperti: Batam, Jambi, Kerinci, Padang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pangkalanbun, Bandung, Balikpapan, Makassar dan Pekanbaru, serta 3 rute internasional: Singapura, Hong Kong dan Kuala Lumpur.

Pada fase kedua, tambah Samudra, Pacific Royale akan menjangkau 10 kota-kota kecil di Indonesia seperti Gunung Sitoli, Meulaboh, Pulau Matak, Pulau Natuna, Dumai, Pangkal Pinang, Banyuwangi, Jember, Madiun dan Solo serta ke 2 rute internasional: India dan Australia. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com