Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur Utama Merpati Resmi Diganti

Kompas.com - 14/05/2012, 10:57 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airline (MNA) Sardjono Jhony Tjitrokusomo resmi diganti. Penggantinya Rudy Setyopurnomo, komisaris utama MNA.

Pelantikan dilakukan tanpa acara resmi di Kementerian BUMN, khususnya di bagian Deputi Infrastruktur dan Logistik di lantai 12 Kementerian BUMN. Pelantikan dilakukan oleh Deputi Infrastruktur dan Logistik Sumaryanto Widayatin dan disaksikan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) Emirsyah Satar.

"Iya, resmi diganti oleh Pak Rudy," kata Timbul Tambunan, Asisten Deputi Infrastruktur dan Logistik 1 di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (14/5/2012).

Namun Rudy tidak langsung menjadi Direktur Utama di Merpati. Pihak kementerian menyebut Rudy akan menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Merpati Nusantara Airline.

Timbul juga menyebut jabatan tersebut akan terus dievaluasi selama tiga bulanan. Pemerintah juga akan mencari kader-kader yang memiliki kompetensi untuk mengisi bila ada jabatan yang kosong, sekaligus akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). "Pak Rudy memang belum definitif, hanya Pejabat Sementara," jelasnya.

Rudy Setyopurnomo merupakan mantan Presiden Direktur PT Indonesia Airlines. Maskapai penerbangan yang didirikan tahun 1999 ini mulai beroperasi Maret 2001. Namun Indonesian Airlines telah berhenti beroperasinya pada tahun 2003.

Pelantikan dilakukan pada pukul 09.00 wib tanpa acara resmi. Ini merupakan kebijakan baru dari Menteri BUMN Dahlan Iskan yaitu pelantikan direksi tanpa acara resmi dan mengundang banyak orang. Acara pelantikan juga tidak diiringi oleh serah terima jabatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com