Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Siap-Siap Terangkat Wall Street

Kompas.com - 30/05/2012, 07:55 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Bursa Amerika Serikat berhasil berbalik arah dan menguat pada perdagangan tadi malam dengan indeks Dow Jones naik 125,86 poin atau 1,01 persen, S&P 500 naik 1,11 persen, dan Nasdaq menguat 1,18 persen.

Ini menjadi sentimen positif bagi bursa regional, termasuk Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan Rabu (30/5/2012) ini. Reboundnya indeks terimbas oleh adanya indikasi stimulus ekonomi China setelah Beijing akan mempercepat pembangunan infrastruktur terlihat dari gencarnya pinjaman yang dilakukan oleh bank terbesar di China.

Di samping itu sebuah jajak pendapat di Yunani mengindikasikan partai pro bailout akan unggul dalam pemilu tanggal 17 Juni nanti. Saham-saham sektor material memimpin penguatan indeks. Bursa Eropa juga ditutup menguat walau masih dibayangi oleh kekhawatiran pada kondisi perbankan Spanyol.Indeks FTSE naik 0,65 persen.

Tim riset Semesta Indovest menyatakan bursa Indonesia hari ini berpeluang untuk bergerak positif terimbas positifnya bursa regional. Investor mulai melakukan koleksi pada saham-saham yang sudah jenuh jual (oversold) sejak kemarin dan diperkirakan akan berlanjut hari ini. Namun demikian, volatilitas market tetap tinggi jelang pemilu Yunani. Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain BMRI, MNCN, PTBA, TLKM, dan UNTR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com