Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobol ATM Pakai Korek Api, Kuras Rp 23 Juta

Kompas.com - 05/07/2012, 13:13 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Modus pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) dengan menggunakan batang korek api terjadi di Pulau Dewata, Bali. Seorang wanita bernama Ni Luh Ayu Krisnawati (30), menjadi korban setelah rekening tabungannya dikuras melalui mesin ATM. Dana sebesar Rp 23 juta pun ludes.

Ayu mengetahui rekeningnya dibobol di ATM dari rekaman CCTV yang ia dapatkan dari pihak Bank BRI. Dari rekaman CCTV terlihat aktivitas pelaku saat memperdaya Ayu. Peristiwa ini terjadi pada Minggu (17/6/2012) lalu. Pelaku yang menggunakan jaket bertopi, celana pendek putih garis-garis terlihat memasuki ATM BRI di Jalan Teuku Umar Denpasar. Pelaku memasukkan ATM miliknya yang sudah dijepit dengan batang korek api ke dalam mesin ATM.

Setelah beberapa detik ATM pelaku keluar dan diduga korek api yang dimasukkan ke dalam mesin untuk memacetkan kartu ATM korbannya. Sekitar pukul 16.12 WITA atau 20 menit setelah pelaku memasang jebakan, Ayu tiba di ruang ATM untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM.

Saat memasukkan kartu, mesin ATM tidak membaca kartu ATM miliknya. Setelah menekan tombol-tombol cancel di mesin ATM kartu miliknya tidak bisa keluar. Ayu yang terlihat panik kemudian didatangi seorang pria yang diduga pemasang jebakan. Si pria menyarankan Ayu untuk menelepon call centre yang tertera di mesin ATM. Ayu pun mengikuti saran pria tersebut untuk menelepon call centre.

"Dari seberang telepon ada pria yang mengaku sebagai petugas call centre. Saya dituntun pria itu dan dia meminta nomor PIN saya," jelas Ayu.

Karena tidak menaruh curiga, Ayu pun memberikan nomer PIN ATM nya. Namun apes, ternyata pria yang di balik telepon tersebut adalah petugas call centre palsu yang berkomplot dengan pelaku pertama pemasang jebakan batang korek api. Petugas palsu tersebut kemudian meminta Ayu untuk pulang ke rumah dan mengambil buku tabungan.

Setelah Ayu pergi, datang dua pria yang diduga pemasang jebakan dan petugas call centre palsu masuk ke dalam mesin ATM untuk mengambil kartu ATM milik Ayu. Setelah mendapat kartu ATM milik korban, kedua pelaku kemudian meninggalkan mesin ATM tersebut dan beralih ke mesin ATM lain untuk mengantisipasi korban datang lagi ke ATM tersebut.

Ayu membeberkan, pelaku menguras uangnya sebanyak Rp 23 juta di ATM BRI Jalan Gajah Mada, Denpasar yang juga berhasil direkam oleh CCTV. Ayu yang merasa dirugikan melapor kejadian ini kepada pihak bank untuk mendapat penjelasan. Pihak BRI Cabang Denpasar pun melakukan penyelidikan dan berhasil memperoleh rekaman CCTV tersebut. Selanjutnya rekaman CCTV diberikan kepada korban untuk diserahkan kepada polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com