Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandiri Gelontorkan 1 Juta Dollar AS Untuk Kartu Debit Chip

Kompas.com - 11/07/2012, 17:36 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan dalam transaksi keuangannya. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah pengalokasian dana lebih dari 1 juta dollar AS untuk mengembangkan kartu debit chip pada tahun 2012.

Direktur Risk Management Bank Mandiri, Sentot A Sentausa, mengatakan, Bank Mandiri selalu memerhatikan aspek manajemen risiko dan keamanan dalam upaya mengembangkan bisnis.

"Kami ingin menjadi bank transaksional utama di Indonesia, karena itu kami selalu konsisten melakukan upaya mitigasi," kata Sentot dalam siaran pers, Rabu (11/7/2012).

Demi mengembangkan keamanan bertransaksi, Bank Mandiri bekerja sama dengan Visa International dalam menerbitkan kartu kredit.

Pengembangan keamanan transaksi juga dilakukan untuk setiap transaksi menggunakan kartu debit Mandiri.

Upaya lainnya yang telah dilakukan bank BUMN ini, diantaranya, penerapan EMV untuk EDC dan kartu kredit berbasis chip, penerapan terminal line encryption untuk menjaga keamanan data nasabah, penerapan Verified by Visa untuk menjaga keamanan transaksi e-commerce.

Selain itu, Bank Mandiri juga memberikan pelatihan dan edukasi kepada pegawai dan masyarakat. Pembangunan dan pengembangan sistem deteksi dini untuk transaksi menggunakan kartu debit dan kredit pun dilakukan.

Sentot pun mengatakan, untuk memastikan keamanan transaksi dan menyelesaikan kejahatan menggunakan produk kartu dan layanan e-channel yang dapat merusak industri perbankan nasional, Bank Mandiri selalu bekerja sama dengan bank-bank lain maupun pihak berwajib.

Dengan sejumlah upaya yang dilakukan Bank Mandiri akhirnya berhasil menekan tingkat fraud loss transaksi yang dilakukan melalui jaringan elektronik dengan angka ratio fraud loss terhadap sales volume berada di bawah rata-rata industri baik di tingkat nasional, Asia Tenggara maupun Asia Pasifik.

Alhasil, Visa International mendaulat Bank Mandiri sebagai bank pengelola risiko transaksi terbaik di kawasan Asia Tenggara melalui Let Early Actions Deter Early Risks (Leader) Award.

"Kami berharap, penghargaan ini dapat memacu semangat pegawai Bank Mandiri serta seluruh pelaku industri perbankan di Tanah Air untuk mencegah fraud dalam transaksi melalui pengelolaan risiko yang baik," pungkas Sentot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com