Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Euro Keok ke Level Terlemah 11 tahun Terhadap Yen

Kompas.com - 23/07/2012, 08:05 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Senin (23/7/2012) pagi ini, posisi euro menyentuh level terendah dalam 11 tahun terakhir terhadap yen Jepang. Pagi tadi, posisi euro menyentuh level 94,91 yen, level terendah sejak November 2000 silam. Pada pukul 07.58 waktu Tokyo, nilai tukar euro berada di posisi 95,09 yen. 

Sementara itu, jika berhadapan dengan dollar AS, euro melemah 0,3 persen menjadi 1,2119 dollar AS. Sedangkan nilai tukar dollar AS tak banyak mencatatkan perubahan di posisi 78,46 yen. 

Pelemahan euro masih berkaitan dengan situasi ekonomi Eropa. Sekadar informasi, Spanyol akan melelang surat utang berjangka waktu tiga dan enam bulan. Lelang obligasi ini menandakan adanya tekanan keuangan yang melanda Spanyol dan empat negara lainnya untuk mengajukan dana penyelamatan internasional.

Pada 20 Juli lalu, tingkat yield surat utang berjangka waktu 10 tahun Spanyol melonjak ke posisi 7,284 persen.

"Pasar mata uang akan fokus pada perkembangan pasar obligasi Eropa secara ketat pada pekan ini. Posisi euro versus dollar akan terus tertekan," jelas Ray Attrill, global co-head of foreign exchange strategy National Australia Bank Ltd di Sydney.  (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com