Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Komersial CIMB Niaga Tumbuh 24 Persen

Kompas.com - 28/08/2012, 09:40 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga akhir Juni 2012, PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatatkan penyaluran kredit ke sektor komersial sebesar Rp 50,72 triliun, meningkat 24 persen dari posisi yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 40,99 triliun. Jumlah tersebut memberikan kontribusi sebesar 37 persen terhadap total kredit CIMB Niaga secara keseluruhan per 30 Juni 2012 yang mencapai Rp 137,46 triliun.

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga, mengatakan, perbankan komersial berhasil meraih kinerja yang menggembirakan dengan mengoptimalkan potensi pertumbuhan di sektor agrobisnis, pertambangan, manufaktur dan perdagangan, pariwisata, otomotif, serta consumer goods.

"Seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif stabil pada semester pertama tahun ini, kami terus menggali potensi pertumbuhan bisnis di pasar perbankan segmen komersial, termasuk menggenjot pertumbuhan kredit untuk pemberdayaan masyarakat kecil," ujar Handoyo di Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Menurut Handoyo, CIMB Niaga memiliki sejumlah segmen bisnis untuk pembiayaan nasabah. Salah satunya adalah unit High-End Commercial (HEC), yang menangani nasabah perusahaan dengan kebutuhan kredit sampai dengan Rp 200 miliar. Hingga akhir Juni 2012, HEC telah menyalurkan kredit sebesar Rp 26,82 triliun, meningkat 24 persen dari posisi yang sama tahun lalu sebesar Rp 21,59 triliun.

Adapun unit lainnya adalah Small Medium Enterprise (SME) Commercial, yang menangani nasabah perusahaan dengan kebutuhan kredit sampai dengan Rp 25 miliar. Unit ini telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 15,40 triliun hingga akhir Juni 2012, meningkat 14 persen dari posisi tahun lalu sebesar Rp 13,48 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com