Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn Mengakuisisi Saham Sharp?

Kompas.com - 05/09/2012, 11:55 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Kabar Sharp Corp akan diakuisisi perusahaan Taiwan semakin kencang. Seorang sumber membisikkan, Presiden Taiwan Takashi Okuda akan bertemu Chairman Foxconn Terry Gou di Taiwan pekan ini.

Sumber itu membeberkan, kepergian Okuda berkaitan dengan transaksi 9,9 persen saham Sharp. Surat kabar Sankei mengatakan, Okuda akan memfinalisasi transaksi dengan triliuner Taiwan yang selama ini masih tersendat.

Transaksi itu sejatinya bisa diselesaikan pekan lalu. Ketika itu, Gou berencana bertemu Okuda di Tokyo, Jepang. Namun, secara tak terduga, Gou meninggalkan Jepang tanpa memberikan keterangan pers. Kabarnya, Gou membatalkan pertemuan dengan Okuda dan sejumlah petinggi senior Sharp lainnya.

Gou belum sepakat soal harga saham Sharp tersebut. Semula Gou sepakat membeli saham itu dengan harga 550 yen per saham atau totalnya  856 juta dollar AS. Namun, Gou kemudian menawarkan harga lebih rendah setelah harga saham perusahaan pelopor TV LCD ini melorot dibawah 200 yen pada Agustus lalu.

Selain itu, Gou menuntut peran yang lebih besar dalam manajemen Sharp. Presiden Hon Hai Precision Industry Ltd ini ingin memiliki pengaruh yang besar di manajemen Sharp. "Jika saya hanya capital investment, kenapa saya menginginkannya. Saya bukan seorang pemodal yang spekulatif,"katanya.

Gou juga berencana membeli 38 persen saham pabrik LCD Sharp di Sakai, Jepang barat. Dia berencana membenamkan investasi lebih dari 1 miliar dollar AS untuk mengenjot produksi LCD tersebut.

Sharp yang sedang terjerat utang sebesar 1,25 triliun yen membutuhkan dana segar untuk melunasi utang jangka pendeknya yang segera jatuh tempot. Perusahaan ini membutuhkan dana segara sebesar 360 miliar year untuk melunasi obligasi yang jatuh tempo dan 200 miliar yen untuk obligasi konversi.

Harga saham Sharp sendiri terus melorot pekan lalu. Pada perdagangan hari ini (5/9/2012), harga saham Sharp naik 2,9 persen menjadi 215 yen per saham pada pukul 12.09 di Tokyo. (Edy Can/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com