Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Merusak Kantor Freeport

Kompas.com - 21/09/2012, 19:36 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Massa yang marah merusak kantor PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua. Dalam kerusuhan yang terjadi pada Jumat (21/9/2012) siang itu, dinding kaca kantor hancur. Selain itu, dua mobil milik karyawan hangus dibakar massa, dan puluhan kendaraan lainnya dirusak.

Menurut Juru Bicara PT Freeport Indonesia Ramdani Sirait, kerusuhan terjadi saat acara doa bersama untuk David Beanal Kanangopme, seorang staf senior perusahaan itu yang meninggal pada Selasa di Jakarta. David yang meninggal karena sakit meningitis yang dideritanya juga merupakan salah satu pimpinan Suku Amungme.

Kepala Kepolisian Resor Mimika Ajun Komisaris Besar Denny Siregar mengatakan, perwakilan massa sempat bertemu dengan perwakilan PT Freeport Indonesia untuk membicarakan beberapa hal, yang menurut mereka masih terkait dengan kematian David. Namun, diduga karena tidak ada titik temu dalam pembicaraa itu, massa kemudian marah.

Mereka kemudian melampiaskan kemarahan dengan merusak kantor tersebut serta kendaraan-kendaraan yang diparkir tak jauh dari kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com