Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apindo Imbau Perusahaan Tetap Buka

Kompas.com - 02/10/2012, 14:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengimbau perusahaan untuk tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa pada 3 Oktober 2012 besok.. Hal ini dikemukakan jajaran petinggi Apindo terkait rencana aksi mogok buruh nasional Rabu (3/10/2012).

"Namun demikian keputusan akhirnya terkait kebijakan dimaksud diserahkan sepenuhya kembali kepada perusahaan dengan memperhatikan kebutuhan dan kondisi masing-masing," sebut Sekretaris Umum Apindo Suryadi Sasmita dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/10/2012).

Suryadi menyatakan, pihaknya juga mengimbau perusahaan untuk mengupayakan Lembaga Kerjasama (LKS) bipartit dengan serikat pekerja masing-masing, agar pekerja tidak turut serta dalam kegiatan mogok nasional. "Sehingga tidak mengganggu operasional perusahaan dan tetap menjaga untuk tetap kondusif," tambah dia.

Terkait pengamanan, ia menambahkan, kepolisian dalam hal ini Kapolri dan Wakapolda sudah menyetujui permintaan Apindo untuk melakukan pengamanan kepada perusahaan, untuk menghindari tindakan sweeping, penyanderaan maupun intimidasi.

Sebelumnya para buruh mengancam akan melakukan aksi mogok nasional pada 3 Oktober 2012 apabila tuntutan penghapusan sistem kerja outsourcing, menolak upah murah, dan pelaksanaan jaminan kesehatan tidak dikabulkan.

Berita terkait aksi buruh ini bisa diikuti pada topik: Demo Buruh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com