Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Siap Terdongkrak Sentimen Global

Kompas.com - 08/10/2012, 09:01 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sentimen positif datang dari bursa saham dan pasar keuangan global pada akhir pekan lalu. Hal itu bisa mendorong penguatan nilai tukar rupiah pada perdagangan hari Senin (8/10/2012).

Pada akhir perdagangan pekan kemarin, nilai tukar rupiah ditutup menguat tipis di Rp 9.594 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg). Bursa Asia menguat, termasuk bursa Indonesia (IHSG). IHSG mencatat indeks tertinggi barunya di 4.311,31 (naik sekitar 0,93 persen).

Sementara itu, harga minyak mentah tercatat variatif. Harga Brent naik tipis menjadi 112,26 dollar AS per barrel (+0,06 persen), tetapi harga WTI turun menjadi 89,88 dollar AS per barrel (-2,0 persen).

Bursa global ditutup naik pada perdagangan akhir pekan lalu. Kemungkinan bursa Asia masih akan naik pada perdagangan hari ini memfaktorkan turunnya tingkat pengangguran di AS.

"Perbaikan sentimen global ini kemungkinan membantu penguatan rupiah ke antara Rp 9.570 dan Rp 9.580 per dollar AS," kata ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com