Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Obral TKI, Rieke Buat Surat Terbuka

Kompas.com - 29/10/2012, 16:59 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, membuat surat terbuka kepada Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia terkait penemuan iklan yang mengobral tenaga kerja Indonesia di Malaysia.

Dalam suratnya, Rieke menegaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki martabat dan harga diri yang seharusnya ikut dihormati.

Hal itu dikemukakan Rieke usai menjadi pembicara dalam seminar kebudayaan kontemporer di Aula Barat Institut Teknologi Bandung, Senin (29/10/2012). Surat terbuka itu dia unggah di situs pribadinya pada hari yang sama.

"Saya sebagai anggota DPR RI keberatan dengan iklan tersebut karena bisa dinilai merendahkan pekerja migran asal Indonesia seperti komoditas yang diperjualbelikan," kata Rieke.

Dalam surat terbuka di situs pribadinya, Rieke mengungkapkan kepercayaannya kepada Pemerintah Malaysia yang akan mengambil tindakan berupa teguran kepada agen tenaga kerja yang mengeluarkan iklan tersebut.

Dia juga meyakini bahwa Pemerintah Malaysia tidak memiliki niat untuk merendahkan bangsa Indonesia dan uang yang diterima dari majikan di Malaysia adalah upah yang seharusnya mereka terima, bukan atas belas kasihan.

Menurut Rieke, pemerintah Indonesia juga seharusnya menggunakan jalur diplomatik untuk menangani permasalahan ini. Biarkan pemerintah Malaysia yang menegur agen tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, beredar kabar yang menyebut iklan penawaran tenaga kerja Indonesia layaknya promosi barang yang dipotong harganya. Agen yang mengeluarkan iklan itu menawarkan proses administrasi yang cepat dan mudah dengan deposit sebesar 3.500 ringgit dan harga seorang mencapai 7.500 ringgit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com