Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kali Ganti Bupati, Jalan Rusak Tak Diperbaiki

Kompas.com - 27/12/2012, 17:59 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com -- Kecewa karena jalan desa rusak parah sekian lama, ratusan warga Desa Blang Mane, Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, Kamis (27/12) memblokade jalan utama yang menghubungkan desa ini dengan sejumlah desa tetangga lainnya. Mereka memblokade jalan dengan tumpukan tanah yang ditimbun di badan jalan.

Selain itu, warga juga memasang poster yang bertuliskan protes. Aksi warga ini membuat arus lalu lintas di jalan desa tersebut macet. Bahkan sebagian kendaraan terpaksa memutar balik.

Kepala Desa Blang Me, Basri Ibrahim, mengaku baru mengetahui informasi aksi blokade jalan utama desa itu dari warga subuh tadi sekitar pukul 04.00 WIB. "Memang warga sering mengeluhkan tentang jalan ini, tapi aksi yang dilakukan warga tanpa sepengetahuan saya," ujarnya.

Basri mengaku pihaknya sering melaporkan masalah jalan rusak ini ke ke dinas terkait di Pemkab Bireuen. Namun laporan itu belum juga direspons. "Sudah tiga kali berganti bupati, tapi jalan ini tak ada yang perhatikan, wajar warga kecewa dan memblokade jalan," tambah kades.

Jalan di Desa Blang Mane itu kondisinya memang rusak parah. Banyak lubang dimana-mana sehingga saat hujan turun menjadi kubangan. Bila cuaca panas, terpaan debu kotor nyaris menyulitkan warga melintasi jalan bila tidak menggunakan helm atau kacamata.

Camat Kutablang Drs Munir menilai wajar, warga melakukan aksi blokade jalan desa karena beberapa kali pemberitahuan lisan maupun tulisan dilayangkan warga di sana, namun tak digubris Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com