Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selasa, Dahlan Jelaskan Kecelakaan "Ferrari" Tucuxi

Kompas.com - 06/01/2013, 18:39 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan lebih banyak bungkam ketika diberondong pertanyaan lebih detail seputar kecelakaan yang dialaminya di Desa Ngerong Kecamatan Plaosan, Megetan, Jawa Timur, saat mengemudikan mobil listrik Tucuxi.

Itu terjadi saat Dahlan Iskan usai menghadiri silaturahmi bersama budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) di SMK Global Desa Menturo Kecamatan Sumobito, Jombang, Minggu (6/1/2013) siang.

Ada beragam pertanyaan meluncur dari sejumlah wartawan. Mulai mengapa Tucuxi harus dibongkar dulu di bengkel modifikasi Kupu-kupu Malam, Sleman, Yogyakarta.

Kemudian tentang kemungkinan adanya sabotase, sampai yang utama tentang kecurigaan Danet Suryatama (pencipta Tucuxi) mengenai indikasi Dahlan Iskan melakukan pelanggaran hak cipta, berupa ‘penjiplakan’ teknologi mobil listrik tersebut.

Danet Suryatama sebelumnya pernah mengutarakan kekecewaannya terhadap Dahlan Iskan. Sebab, membiarkan adanya pelanggaran hak cipta mobil buatannya oleh bengkel modifikasi Kupu-kupu Malam Yogyakarta. Bengkel ini dinilai membongkar mesin Tucuxi secara diam-diam.

“Saya kecewa. Tanpa sepengetahuan saya, mesin mobil Tucuxi ini dibongkar. Ini tidak sesuai dengan kesepakatan yang kami buat,” kata Danet Suryatama.

Dihujani berbagai pertanyaan itu, Dahlan hanya menjawab singkat, dengan berjanji menjelaskannya Selasa lusa. "Saya akan jelaskan semuanya besok Selasa,” kelit Dahlan Iskan.

Dahlan hanya mengulang keterangan bahwa dia sengaja hendak mengemudikan mobil listrik tersebut sejauh 1.000 kilometer untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil listrik tersebut.

"Ini sekaligus untuk meyakinkan diri saya. Sebelum meyakinkan orang lain, saya sendiri harus yakin dengan mobil tersebut. Karena itu saya bertekad mengemudikan hingga 1.000 kilometer," katanya.

Sebelumnya, dalam sambutan di hadapan ratusan siswa SMK Global Sumobito, Dahlan mengulang kronologi  kecelakaan yang dialaminya.

“Jadi saya sadar betul apa yang saya lakukan. Lebih baik saya menabrakkan mobil ke tebing ketika rem blong dan jalanan terus menurun yang membuat laju mobil kian kencang,” kata Dahlan.

Diberitakan, mobil "Ferrari" Tucuxi yang dikemudikan Dahlan Iskan dan mekaniknya Ricky mengalami kecelakaan di Magetan setelah mengalami masalah pada rem. Beruntung keduanya tidak mengalami cedera berarti. (Sutono)

Berita-berita terkait bisa diikuti di liputan khusus: Mobil Listrik Dahlan Iskan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com