Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasio Elektrifikasi Lampaui 75 Persen

Kompas.com - 09/01/2013, 21:20 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nur Pamudji mengatakan, rasio elektrifikasi tahun ini melampaui 75 persen. Jumlah pelanggan baru hampir tiga juta pelanggan.

"Masih ada 19 juta lagi yang harus kami sambung," kata Nur Pamudji saat ditemui di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (9/1/2013).

Penuturan Nur, pihaknya dalam waktu dekat berencana melakukan pengecekan ke daerah-daerah yang belum terjangkau layanan listrik tersebut. Langkah ini dimaksudkan untuk mendeteksi penyebab atau tingkat kesulitan penyambungan listrik di kawasan tersebut.

Nur mengatakan, rasio elektrifikasi di Jawa yang melebihi 80 persen hanya di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jawa Tengah sekitar 78 persen. "Di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta hingga saat ini masih ada sekitar 5.000 dukuh yang belum ada listrik," katanya.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budhi Dharmadi mengatakan, penyambungan listrik ke pelanggan-pelanggan baru berpotensi untuk menciptakan konsumsi produk elektronik.

Dia mencontohkan, warga yang sebelumnya menanak nasi menggunakan bahan bakar kayu pun dapat memilih penanak nasi listrik. Demikian pula warga akan membutuhkan beberapa peranti elektronik lainnya seiring masuknya listrik ke wilayah mreka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com