Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Ikut Membahas Solusi Tantangan Dunia

Kompas.com - 23/01/2013, 02:31 WIB

Jakarta, Kompas - Para pemimpin negara, perusahaan, akademisi, dan masyarakat sipil terkemuka dunia dijadwalkan bertemu dalam Forum Ekonomi Dunia yang berlangsung Rabu (23/1) di Davos-Klosters, Swiss. Penyelenggara pertemuan tahunan yang berisi pembahasan berbagai masalah global, terutama ekonomi, telah merilis ”Perkiraan Agenda Global 2013” yang menekankan pada sejumlah masalah kunci yang menjadi perhatian para pemimpin global.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan juga akan mengikuti pertemuan bergengsi yang dihadiri sejumlah pemimpin dunia seperti Kanselir Jerman Angela Merkel. Gita bertolak ke Davos-Klosters, Selasa (22/1).

Tantangan globalisasi, pertumbuhan ekonomi, politik kawasan, hubungan antarwilayah, agenda pembangunan setelah tahun 2015, dan nilai-nilai kepemimpinan didiskusikan selama ini. Hasil diskusi ini menggambarkan tingkat kepakaran Dewan Agenda Jaringan Global Forum Ekonomi Dunia, satu kombinasi para pakar lintas disiplin.

”Kepemimpinan muncul sebagai tantangan terbesar untuk tahun 2013 dan masa mendatang yang mungkin mengejutkan ketika kita mempertimbangkan hampir semua pemimpin tumbuh dalam dunia sangat berbeda dengan yang sekarang kita berbagi,” kata Ketua Dewan Agenda Jaringan Global Forum Ekonomi Dunia, Martina Gmur.

Laporan Prediksi Agenda Global 2013 disusun Dewan Agenda Jaringan Global berdasarkan hasil diskusi 1.500 orang di seluruh dunia, 900 orang bertemu dalam Konferensi Tingkat Tinggi Agenda Global 2012 di Dubai, Uni Emirat Arab. Mereka menyampaikan sejumlah persoalan kunci masa depan yang harus dihadapi sekaligus memberikan masukan penanganan saat ini.

Laporan prediksi ini juga menggabungkan survei agenda global tahunan berisi jajak pendapat dari semua anggota jaringan mengenai isu dan tren terkini bersama data terbaru dari KTT di Dubai pada November 2012.(ham)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com