Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bawang di Lampung Terus Meroket

Kompas.com - 11/03/2013, 13:47 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Menyusul larangan impor hortikultura, harga bawang merah dan bawang putih Bandar Lampung terus meroket dan menembus Rp 50.000 per kilogram (kg). Ini merupakan rekor harga tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan pantauan Senin (11/3/2013), baik bawang merah maupun bawang putih dijual Rp 45.000 - Rp 50.000 per kg di sejumlah pasar tradisional di Bandar Lampung.

Menurut Sunaryo, pemasok bawang merah di Pasar Pasir Gintung, kenaikan harga bawang merah mencapai Rp 5.000 per hari dalam sepekan terakhir. Pasokan bawang merah ini masih mengandalkan dari suplai di Brebes. "Harga beli di Brebes sudah naik. dari biasanya Rp 20.000 per kg, sekarang jadi Rp 40.000 per kg. Makanya, saya pun mengurangi pembelian hingga separuh," ujarnya.

Menurut Suparti (67), pedagang bawang lainnya di Pasar Smep, meroketnya harga bawang ini karena tidak adanya pasokan bawang impor. Tahun lalu, bawang merah dan putih impor dari Vietnam dan China biasanya membanjiri pasar lokal memasuki awal tahun. "Sekarang ini tidak masuk bawang merah impor, entah kenapa," katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com