Pilot Lokal Minim, Lion Air Ambil Pilot Asing

Kompas.com - 11/04/2013, 12:08 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Lion Air tidak malu-malu membeberkan bahwa sejumlah pesawatnya masih diterbangkan oleh pilot asing.

Edward Sirait, Direktur Umum Lion Air, mengatakan ketersediaan pilot di Indonesia masih kurang, sehingga perusahaan masih tetap menggunakan jasa pilot asing.

Dari 132 penerbangan yang tersedia, maskapai berlambang singa merah tersebut memiliki 1.841 pilot, dan 100 orang di antaranya adalah pilot asing.

"Kami ada 100 pilot asing. Hal itu dilakukan, karena pilot domestik masih kurang," ujar Edward kepada Tribunnews, Rabu (10/4/2013)..

Mengenai gaji dan tunjangan, Edward mengatakan besaran gaji hampir sama. Perbedaannya dalah pilot asing diberikan biaya sosial, seperti rumah atau apartemen.

Diberitakan sebelumnya, Federasi Pilot Indonesia mengakui bahwa Indonesia masih kekurangan pilot. Indonesia menargetkan 800 pilot setiap tahun, tetapi sekolah pilot hanya mencetak 400 pilot per tahun dari 15 flying school. Saat ini, terdapat 7.200 pilot Indonesia. 1.000 pilot yang tidak aktif, dan 7.200 yang aktif. (Agustina Rasyida)

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X