Kompas.com - 30/05/2013, 11:53 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang kereta api menjelang Lebaran, pihak PT KAI akan menambahkan jumlah perjalanan kereta. Tiket tambahan ini sudah bisa dipesan mulai 1 Juni 2013.

PT KAI akan menambah 40 perjalanan pada kurun waktu tersebut ke sejumlah kota pada H-7 sampai H-1 yang tiketnya sudah ludes. "Akan ada 40 kereta tambahan untuk Lebaran nanti. Tiketnya sudah bisa dipesan mulai 1 Juni," kata Kepala Humas PT KAI Mateta Rijalulhaq, Kamis (30/5/2013).

Kereta tambahan tersebut di antaranya melayani perjalanan jurusan Jakarta menuju Solo, Surabaya, Malang, Bandung, Cirebon, dan Kutoarjo. Total tempat duduk yang tersedia untuk kereta tambahan ini mencapai 22.896 per harinya.

Jadi jumlah perjalanan kereta api untuk masa Lebaran sebanyak 305 kereta, yang terdiri dari 265 kereta reguler dan 40 kereta api tambahan. Penjualan tiket juga akan disesuaikan dengan kapasitas tempat duduk yang ada. Hal ini untuk menghindari berjubelnya penumpang seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi nanti tidak ada yang berdiri atau masuk lewat jendela, penumpang akan duduk semua. Dan semuanya ber-AC," kata Mateta.

Selain dapat dibeli di loket-loket stasiun, tiket kereta juga dapat dipesan secara online atau juga di sejumlah minimarket dan kantor pos. Saat ini, orang banyak yang memesan tiket secara online, dibandingkan dengan membeli langsung di loket-loket stasiun.

Untuk tiket yang mengalami kenaikan harga, hal itu tergantung jadwal pemberangkatannya. Semakin dekat dengan hari Lebaran, maka semakin tinggi harga tiketnya. Tiket paling mahal seharga Rp 600.000 dan paling murah Rp 200.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.