Malindo Air Akan Terbang ke Batam

Kompas.com - 25/06/2013, 15:59 WIB
Pesawat Malindo Air DOKUMENTASI LION AIRPesawat Malindo Air
EditorErlangga Djumena

BATAM, KOMPAS.com -
Maskapai Malindo Air berencana membuka rute penerbangan menghubungkan Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan Subang, Malaysia, mulai September 2013. Malindo merupakan maskapai patungan antara National Aerospace and Defence Industries (NADI) Malaysia dengan Lion Air Indonesia.

"Mereka sudah menyampaikan keinginan untuk membuka rute baru ke Batam. Kemungkinan mulai September nanti," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (PTSP BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Selasa (25/6/2013).

Djoko mengatakan, Malindo Air akan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-900ER dengan kapasitas sekitar 195 hingga 215 penumpang.

"Untuk tahap awal, Malindo Air kemungkinan hanya terbang satu sampai dua kali seminggu ke Subang, Kuala Lumpur. Secara bertahap nanti trafiknya akan ditambah," kata dia.

Saat ini penerbangan dari Batam ke Subang, Malaysia, hanya dilayani oleh firefly empat kali seminggu dengan pesawat ATR kapasitas 80 penumpang.

Djoko mengatakan, selain melayani rute internasional, sejumlah maskapai seperti Pelita Air, Mandala, Batik Air juga berencana membuka penerbangan dari Batam ke sejumlah wilayah di Indonesia.

"Ada beberapa yang sudah menyampaikan keinginannya untuk terbang dari Batam. Kami masih menunggu konfirmasi lebih lajut dari pihak maskapai-maskapai tersebut," kata Djoko.

Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan sejumlah maskapai penerbangan berencana membuka rute baru ke beberapa daerah.

Kabid Operasional Darat Bandara Internasional Hang Nadim Saeful Bahri mengatakan, Garuda Indonesia pada pertengahan April akan membuka rute Batam-Medan, dan Mei melayani Batam-Pekanbaru masing-masing satu kali sehari dengan pesawat Bombardier.

Sementara Express Air pada April mendatang akan membuka rute penerbangan Batam-Yogyakarta melalui Pontianak dengan pesawat Boeing 737 seri 300/500.

"Selain dua maskapai tersebut, masih ada Citilink dan Sky Aviation yang sebelumnya juga sudah menambah beberapa rute penerbangan dari Batam," kata dia.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X