Kompas.com - 01/10/2013, 16:56 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) melakukan kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) dalam refinancing KPR yang masuk program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Perjanjian kerja sama ini dalam rangka mendukung program pemerintah menyangkut pemenuhan kebutuhan rumah untuk masyarakat menengah ke bawah melalui program FLPP.

"Kami sepakat untuk melakukan kerja sama refinancing (pendanaan kembali) KPR-FLPP dengan BTN sebesar Rp 500 miliar. Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan rumah untuk masyarakat," kata Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto di Kantor SMF, Selasa (1/10/2013).

Lebih lanjut Raharjo mengatakan, kerja sama dengan BTN adalah salah satu upaya SMF untuk menyalurkan sumber dana jangka menengah atau panjang dengan suku bunga tetap sebagai sumber pembiayaan KPR-FLPP bagi BTN kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Refinancing ini merupakan dukungan terhadap 30 persen dana porsi bank pelaksana KPR-FLPP di mana 70 persen porsi dana lainnya berasal dari BLU Kementerian Perumahan Rakyat," ujarnya.

Di samping itu, kerja sama ini adalah untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan dalam rangka meningkatkan kapasitas pembiayaan perumahan sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat.

Raharjo berharap, kerja sama yang terjalin dengan BTN dapat membantu keterjangkauan masyarakat untuk memiliki rumah yang layak. Dukungan SMF terhadap program pemerintah (KPR-FLPP), yang juga melalui BTN, sudah dilakukan sejak tahun 2013 dalam bentuk program pendanaan kembali dengan total sebesar Rp 2 triliun dengan 47.399 debitor.

"Total penyaluran pinjaman yang telah disalurkan kepada BTN sejak tahun 2006 sampai dengan 30 September 2012 kan sebesar Rp 5,3 triliun dengan outstanding sebesar Rp 3,9 triliun," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.