Kompas.com - 25/11/2013, 13:25 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memperkuat regulasi lembaga keuangan syariah di Tanah Air. Hal ini guna menyikapi semakin beragam dan berkembanganya industri keuangan syariah di Indonesia.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Firdaus Djaelani mengungkapkan, peraturan lembaga keuangan syariah berbeda dengan konvensional. Firdaus mengatakan pihaknya akan meninjau terkait perkuatan regulasi tersebut.

"Dulu kita mungkin hanya mengenal perbankan dan asuransi (syariah), sekarang ada pembiayaan syariah, pegadaian syariah, dan modal ventura syariah. Tentunya mereka sudah berusaha di pasar. Tentunya kita akan memperkuat regulasi di bidang ini," kata Firdaus di sela-sela acara Islamic Finance Conference 2013, Senin (25/11/2013).

Lebih lanjut Firdaus menjelaskan, untuk mendorong pertumbuhan tersebut pihaknya pasti akan memberi insentif.

"Karena di bidang permodalan kita sudah kasih insentif misalnya untuk mendirikan lembaga keuangan syariah relatively modalnya lebih rendah dibandingkan konvensional," ujarnya.

Firdaus memandang pertumbuhan industri keuangan syariah di Tanah Air sangat bagus. Pertumbuhan industri keuangan syariah dapat tumbuh 35 persen, jauh di atas pertumbuhan industri keuangan konvensional. Ini berlaku di semua sektor.

"Di perbankan, pertumbuhan perbnakan syariah lebih besar dibandingkan dengan perbankan konvensional. Di asuransi juga bgitu, di pegadaian juga. Artinya ini memang permintaan masih besar sekali, prospeknya masih bagus sekali," tandasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.