Kompas.com - 12/12/2013, 13:30 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Pasca kecelakaan Kereta Api di kawasan Bintaro beberapa Senin lalu, Menteri Badan Usaha Milik Dahlan Iskan menyerahkan seluruh penyelesaiannya kepada Polisi dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang saat ini masih menyelidiki kasus tersebut.

"Itu kita harus sabar menunggu keputusan polisi dan KNKT. Jadi, kita masih nunggu dulu'" tuturnya Kamis (12/12/2013) saat ditemui seusai rapim di kantornya.

Dahlan mengungkapkan, terlalu dini untuk menyimpulkan siapa pihak yang paling bertanggungjawab atas kejadian itu. "Misalnya semua akan bermuara pada siapa yang salah. Sekarang belum ditentukan, biar hukum berjalan," jelasnya.

Sebelumnya, Dahlan Iskan sempat merasa geram dengan pernyataan Dirut PT Patra Niaga pengelola truk tangki BBM yang bertabrakan dengan KRL. Dirut Patra Niaga membantah bahwa sopir dan kenek tidak profesional.

Padahal, kejadian tersebut telah menyebabkan kerugian pada PT KAI yang 75 persen perjalanan kereta api Jabodetabek berada di jalur tersebut.

Menurutnya, dalam hal ini tidak seharusnya saling menyalahkan, melainkan saling introspeksi diri.

PT Patra Niaga, lanjut Dahlan, seharusnya harus mendidik para pengemudi truk tangki untuk lebih berhati-hati dan taat pada rambu lalu lintas. Sebab, barang yang mereka angkut adalah benda berbahaya yang mudah terbakar.

"Saya sangat mendukung apabila KAI berniat menggugat Patra Niaga atas kecelakaan kereta api tersebut," tegas Dahlan. (Rr Dian Kusumo Hapsari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.