Kompas.com - 05/02/2014, 15:58 WIB
Ilustrasi Pilkada SURYA/ACHMAD AMRUIlustrasi Pilkada
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pemilihan umum kepala daerah (pilkada) yang banyak digelar pada kuartal-III 2013 lalu memberikan sumbangan yang tak sedikit pada produk domestik bruto (PDB) 2013.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Suhariyanto menyebutkan, pada kuartal-III 2013 terdapat sekitar 114 pilkada.

"Sekarang jelas, pilkada tadi begitu besar dampaknya di konsumsi rumah tangga. Seperti sektor industri kaos, makanan, dan macam-macam. Nah, pemilu ke depan ini sekarang belum kelihatan. Akan kelihatan nanti di April," kata dia di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Aktivitas politik seperti pemilu memang mendongkrak nilai PDB. Sepanjang 2013, pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar Rp 5.071,1 triliun, terbesar diantara kelompok pengeluaran lain. Disusul berikutnya, adalah pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yang sebesar Rp 2.876,3 triliun.

Sementara, konsumsi pemerintah hanya Rp 827,2 triliun. Ditanya perihal dampak pemilu April 2014 terhadap pertumbuhan ekonomi, Suhariyanto menuturkan, BPS tidak pernah membuat analisa khusus.

Namun, dilihat secara historis, yakni pemilu 2005 dan 2009 tampak ada pergerakan di sejumlah komponen pertumbuhan ekonomi pada saat pemilu dihelat. Namun demikian, Kepala BPS, Suryamin memastikan, pemilu bakal mendongkrak konsumsi rumah tangga.

Hal itu lantaran parpol akan banyak membagi-bagikan kaos, makanan dan lainnya. Di sisi lain, ia menambahkan, komponen lain pertumbuhan ekonomi 2013 lalu adalah pengeluaran konsumsi pemerintah yang tumbuh dibanding 2012.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu disebabkan adanya tunjangan kinerja bagi PNS. Neraca perdagangan kuartal-IV 2013 yang mengalami surplus 1,52 miliar dollar AS, juga turut menyumbang pertumbuhan ekonomi menjadi 5,78 persen. Membaiknya ekspor Indonesia disebabkan dampak perekonomian global yang sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X