Kompas.com - 08/02/2014, 15:18 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengungkapkan salah satu alasan pembekukan sementara Sertifikat Operator Udara (Air Operator Certificate/AOC) adalah masalah utang maskapai tersebut kepada pihak asuransi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti mengungkapkan pembekuan AOC Merpati tidak hanya diperhatikan dari faktor operasional dan ketidakmampuan membayar gaji. Masalah utang asuransi yang telah jatuh tempo juga menjadi permasalahan yang melilit maskapai penerbangan plat merah itu.

"Asuransi Merpati tanggal 11 ini sudah due (jatuh tempo) semua pesawatnya. Itu dia punya utang untuk asuransi senilai beberapa juta dollar AS yang dia harus selesaikan," kata Herry di Jakarta, Sabtu (8/2/2014).

Bila utang asuransi tersebut tidak dibayar, lanjut dia, maka pesawat Merpati tidak ada yang bisa melakukan penerbangan. Oleh karenanya, Merpati harus pula melunasi utang itu bila tetap mau terbang.

"Jadi tanggal 11 itu semua asuransinya jatuh tempo. Itu termasuk faktor yang kami harus membekukan sementara (AOC Merpati)," ujar dia.

Sebelumnya, Herry mengatakan pemerintah akan membekukan AOC Merpati pekan depan. "Bukan dicabut, tapi dibekukan. Nanti kalau dia sudah siap lagi, dia bisa mengajukan lagi untuk bisa memiliki AOC-nya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.