Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Januari 2016 Seluruh Kartu ATM Pakai Cip

Kompas.com - 21/02/2014, 15:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menghindari terjadinya fraud alias permasalahan dalam penggunaan kartu kredit, Bank Indonesia (BI) berinovasi dalam teknologi pengamanan.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Rosmaya Hadi mengatakan, BI tengah melaksanakan program migrasi kartu debet dari sebelumnya menggunakan magnetic stripe ke microchip. Saat ini, kata dia, salah satu kartu pembayaran yang seluruhnya sudah menggunakan kartu cip adalah kartu kredit.

"Untuk mencegah terjadinya fraud, kita targetkan 1 Januari 2016 semua kartu debet sudah menggunakan cip," kata Rosmaya di kantornya, Jumat (21/2/2014).

Rosmaya menjelaskan, program ini sudah disosialisasikan ke seluruh industri perbankan dan pihak perbankan menyatakan dukungannya atas program ini. Akan tetapi, hingga saat ini Rosmaya belum dapat menjelaskan dengan rinci jumlah ATM yang sudah bermigrasi ke kartu cip.

"Itu tergantung kondisi bank tersendiri karena ada bank yang memiliki kartu debet ribuan. Ada juga bank-bank yang memiliki jutaan kartu debet. Yang pasti kita selalu meminta laporan untuk memantau itu, jadi belum bisa kami sampaikan," ujar dia.

Sebagai informasi, peningkatan fasilitas dalam sistem pembayaran yang dilakukan BI ini merupakan bagian dari bentuk perlindungan konsumen yang tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 16/1/2014 tentang perlindungan konsumen jasa sistem pembayaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com