Kompas.com - 21/02/2014, 15:18 WIB
Kartu kredit dan kartu ATM. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANKartu kredit dan kartu ATM.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menghindari terjadinya fraud alias permasalahan dalam penggunaan kartu kredit, Bank Indonesia (BI) berinovasi dalam teknologi pengamanan.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Rosmaya Hadi mengatakan, BI tengah melaksanakan program migrasi kartu debet dari sebelumnya menggunakan magnetic stripe ke microchip. Saat ini, kata dia, salah satu kartu pembayaran yang seluruhnya sudah menggunakan kartu cip adalah kartu kredit.

"Untuk mencegah terjadinya fraud, kita targetkan 1 Januari 2016 semua kartu debet sudah menggunakan cip," kata Rosmaya di kantornya, Jumat (21/2/2014).

Rosmaya menjelaskan, program ini sudah disosialisasikan ke seluruh industri perbankan dan pihak perbankan menyatakan dukungannya atas program ini. Akan tetapi, hingga saat ini Rosmaya belum dapat menjelaskan dengan rinci jumlah ATM yang sudah bermigrasi ke kartu cip.

"Itu tergantung kondisi bank tersendiri karena ada bank yang memiliki kartu debet ribuan. Ada juga bank-bank yang memiliki jutaan kartu debet. Yang pasti kita selalu meminta laporan untuk memantau itu, jadi belum bisa kami sampaikan," ujar dia.

Sebagai informasi, peningkatan fasilitas dalam sistem pembayaran yang dilakukan BI ini merupakan bagian dari bentuk perlindungan konsumen yang tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 16/1/2014 tentang perlindungan konsumen jasa sistem pembayaran.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X