Kompas.com - 26/03/2014, 15:59 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rencana bisnis tahun 2014, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengaku akan melakukan aksi korporasi berupa akuisisi lembaga keuangan. Dikatakan, BRI akan mengakuisisi perusahaan asuransi dan sekuritas.

Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni menjelaskan dalam RKAP, perseroan memang menargetkan akan mengakuisisi lembaga keuangan, seperti perusahaan asuransi, sekuritas, termasuk bank. Namun demikian, ia mengaku pihaknya masih mengkalkulasi perkiraan anggaran yang diperlukan untuk aksi korporasi tersebut.

"Untuk akusisi asuransi, kami masih menyeleksi perusahaan asuransi yang mau diakuisisi. Mungkin nanti di kuartal III atau IV, karena proses akuisisi kan cukup kompleks. Kalau akuisisi bank, tentunya kami cari yang bisnisnya sejalan dengan bisnis kita, yaitu yang fokus kepada UMKM," kata Baiquni di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Adapun terkait isu rencana perseroan untuk mengakuisisi Bank Mutiara, Baiquni mengatakan pihaknya masih menghitung peluang untuk akusisi, dan saat ini masih dalam tahap pengkajian.

"Bank Mutiara itu kan sebagaimana yang diumumkan LPS, mereka akan divestasi saham LPS di Bank Mutiara. Progresnya kami sedang hitung-hitung kira-kira peluangnya masih cukup bagus atau tidak. Proses pendalamannya belum selesai. Sekarang sedang pengkajian," ungkapnya.

Lebih lanjut, Baiquni mengaku pihaknya mendengar bahwa Bank Mutiara diimbau untuk diakuisisi oleh BUMN. Namun, perseroan pada dasarnya akan melihat kecocokan dasar bisnis perusahaan yang akan diakuisisi dengan bisnis BRI.

"Mereka (LPS) kan maunya BUMN yang ambil. Tapi kita lihatnya prinsipnya asal bisnisnya sesuai dengan kita dan harganya reasonable. Kita awal tahun menganggarkan Rp 3 triliun, tapi bisa ditambah kalau memang diperlukan," papar Baiquni.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.