BPS: Jelang Puasa, Harga Pangan Stabil

Kompas.com - 28/05/2014, 10:04 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/ JunaediIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyatakan, hingga minggu keempat bulan Mei 2014, harga-harga bahan kebutuhan pokok masih tetap terkendali. Berdasarkan pengamatan BPS, kata dia, harga komoditas-komoditas terpantau stabil.

"Kalau untuk bulan Mei tinggal 4 sampai 5 hari lagi. Tanggal 2 akan kita rilis. Tapi sepanjang pengamatan kami sampai dengan minggu ini dari 21 komoditi penting bahan makanan itu lebih dari 11 komoditi menunjukkan stabil, bahkan ada yang turun," kata Suryamin di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (26/5/2014).

Suryamin mengatakan, berdasarkan laporan Kementerian Pertanian, pasokan bahan pangan cukup terjaga. Akan tetapi, BPS meminta pemerintah tetap waspada dengan kemungkinan kenaikan harga menjelang datangnya puasa dan Hari Raya Idul Fitri.

"Tetapi kami menyarankan pada pemerintah, memasuki bulan puasa ini harus tetap hati-hati. Kalau dari laporan dari Mentan (Menteri Pertanian) supply sudah cukup bagus. Tinggal distribusi sekarang. Mudah-mudahan membaik juga karena PU (Kementerian Pekerjaan Umum) juga sekarang sudah membangun Pantura sehingga pada saatnya nanti menjelang puasa distribusi harus lancar," papar Suryamin.

Tak hanya itu, Suryamin juga menjelaskan pemerintah harus berhati-hati terhadap beberapa risiko lain yang dapat menyebabkan peningkatan harga pangan. Beberapa risiko ini, ujar dia, harus benar-benar diamati pemerintah.

"Tapi tadi ada yang juga harus diamati seperti pengaruh TDL (tarif dasar listrik), pengaruh kenaikan tarif angkutan laut. Kepada barang-barang yang di luar pertanian juga akan berdampak dan harus dikontrol," ujar Suryamin.

Terkait dampak bulan Ramadhan dan Idul Fitri terhadap inflasi, Suryamin mengungkapkan pemerintah tidak boleh mengabaikan dua periode krusial tersebut. "Serta tahun ajaran baru tidak boleh diabaikan karena akan berdampak pada kebutuhan di luar makanan, seperti pakaian," jelas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X