Pemerintah Targetkan Pendapatan Orang Indonesia Sebelum Pensiun Rp 239 Juta

Kompas.com - 23/06/2014, 12:57 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARAT, KOMPAS.com — Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menuturkan, pemerintah berambisi menciptakan pendapatan per kapita masyarakat menjadi sebesar 20.000 dollar AS atau sekitar Rp 239,4 juta (kurs 1 dollar AS = Rp 11.971) per tahun.

"Sebelum tua, pensiun dan berusia 50 tahun, orang Indonesia harus kaya dengan pendapatan 20.000 dollar AS per tahun," kata Bayu dalam seminar Bank Dunia, di Jakarta, Senin (23/6/2014).

Saat ini, kata Bayu, pendapatan per kapita penduduk berusia 29 tahun sebesar 2.500 dollar AS. Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi 5-6 persen per tahun dirasa tidak mencukupi untuk mengejar ambisi tersebut.

Bayu menjelaskan, ada dua cara untuk mengejar ambisi tersebut. Pertama adalah perbaikan infrastruktur. Bayu mengatakan, pembangunan infrastruktur harus sejalan dengan investasi di manufaktur dan kemampuan SDM menciptakan barang-barang.

"Bagaimana mengirim mobil baru yang kita produksi di pabrik Indonesia dan mengirim ke negara lain. Jadi, bukan hanya kemampuan memproduksi mobil, tapi juga jalan, pelabuhan, dan bandara yang baik," ujarnya.

Kedua, meningkatkan daya saing sumber daya manusia. Ia mengatakan, pembangunan SDM merupakan investasi.

"Walaupun tidak ingin masuk jebakan, kita harus menghindari. Kita ingin menjadi kaya sebelum kita menua. Jadi, investasi bukan hanya jumlah, tapi juga kualitas sehingga ada effect multiplayer," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.