Garuda Tertarik Ambil Alih Rute Mandala

Kompas.com - 25/06/2014, 14:26 WIB
Salah satu pesawat Boeing 737-800 yang digunakan Garuda Indonesia. ShutterstockSalah satu pesawat Boeing 737-800 yang digunakan Garuda Indonesia.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk menyatakan ketertarikannya mengambil alih rute alias slot maskapai penerbangan Tigerair Mandala yang berhenti beroperasi per 1 Juli 2014. Pihak Garuda saat ini tengah mempelajari rute.

"Kami tertarik pastinya. Saat ini kami sedang mempelajari rute-rute mana saja yang bisa kami ambil," kata Direktur Keuangan Garuda Handrito Hardjono di Wisma BNI, Rabu (25/6/2014).

Terkait slot Mandala yang ingin diambil alih, Handrito menegaskan tentu saja perseroan ingin mengambil alih rute padat alias "gemuk." Sebab, hal ini terkait dengan keuntungan yang akan diraup perseroan.

"Tentu saja kami mau ambil yang gemuk, kan terkait untung juga. Coba kalau slot yang jam 12 malam, siapa yang mau naik kan? Saat ini kami masih tahap mempelajari rute," ujar Handrito.

Minat Garuda mengambil alih slot Mandala tersebut bukan tanpa alasan. Kemarin Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengatakan pemerintah melalui pihaknya mengimbau maskapai penerbangan nasional untuk dapat mengambil alih rute Mandala agar penumpang tetap dapat dilayani.

"Kami mengimbau kepada Garuda dan Lion Air tolong diisi jalurnya, slotnya yang mereka inginkan. Semuanya (maskapai) yang mau," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (24/6/2014).

Meskipun demikian, lanjut Mangindaan, trayek-trayek Mandala yang "gemuk" atau menguntungkan cenderung diperebutkan. Oleh karena itu, pihaknya akan memproses agar pembagian trayek dilakukan secara adil.

"Pasti berebut yang gemuk-gemuk semua. Itu pun kita supaya adil kita ajukan, kita lihat sendiri. Kita bikin supaya adil. Masih diproses," ujar Mangindaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X