Ekonom: Baik Jokowi maupun Prabowo Susah Ditebak

Kompas.com - 21/07/2014, 15:05 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, capres Prabowo Subianto dan capres Joko Widodo pada acara buka bersama pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/7) petang. Abror/presidenri.go.idPresiden Susilo Bambang Yudhoyono, capres Prabowo Subianto dan capres Joko Widodo pada acara buka bersama pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/7) petang.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok akan mengumumkan siapa orang yang akan menduduki posisi R1 alias presiden baru selama lima tahun ke depan. Bagi ekonom Univesitas Indonesia, Muhammad Ikhsan, sampai saat ini dirinya masih sulit untuk melihat bagaimana ekonomi Indonesia lima tahun ke depan di bawah kepemimpinan baru.

Pasalnya, dia melihat dua tokoh, baik Prabowo maupun Jokowi, belum memiliki pengalaman yang memadai di level nasional. "Gak tahu saya (ekonomi ke depan), gak kenal orangnya. Problem kita record-nya Pak Jokowi tidak cukup panjang di tingkat nasional. Prabowo juga gak tau, lebih parah lagi. Jadi, kedua gak bisa kita tebak," ujarnya di Jakarta, Senin (20/7/2014).

Dia menjelaskan, rekam jejak yang belum memadai dari kedua capres tersebut membuat investor hanya akan melihat siapa yang nanti akan dipilih untuk memengang jabatan menteri yang strategis.

Oleh karena itu, kata Ikhsan, dia dan juga investor-investor baru akan mengetahui apa saja program-program kebijakan kedua capres tersebut setelah mereka membentuk kabinetnya setelah nanti terpilih.

"Jadi, yang penting siapa sih nanti menterinya, kabinetnya. Baru mereka (investor) akan serius, oh begini kabinetnya, oh begini programnya," tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X