Pemerintah Siapkan Rp 154 Triliun untuk Bayar Utang Negara

Kompas.com - 15/08/2014, 15:52 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan besarnya utang, pemerintah pada tahun depan menyiapkan dana sebesar Rp 154 triliun untuk membayar bunga kewajjiban tersebut.

Dalam pidatonya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengklaim bahwa pemerintah selama ini berhasil melakukan strategi pengelolaan utang. Hal itu tecermin dari turunnya rasio pembayaran bunga utang terhadap keseluruhan APBN, dari tahun lalu 14,9 persen menjadi 10,6 persen.

"Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir ini, kita telah berhasil melakukan strategi pengelolaan utang negara yang, salah satunya ditunjukkan melalui penurunan rasio pembayaran bunga utang terhadap Belanja Pemerintah Pusat," ujarnya Jumat (15/8/2014).

Hari ini Presiden SBY menyampaikan pidato RAPBN 2015, yang berisi mengenai target pendapatan dan belanja negara. Presiden sebelumnya juga menyampaikan pamit, karena pidato penyerahan draft APBN di parlemen kali ini adalah yang terakhir kalinya dalam masa jabatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.