Bank Mandiri Luncurkan "Mak Comblang" bagi Pelaku Bisnis

Kompas.com - 03/10/2014, 19:00 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri meluncurkan inkubator bisnis di Jakarta, Jumat (3/10/2014). Fasilitas tersebut bertujuan untuk menyediakan ekosistem pendukung yang dibutuhkan wirausahawan muda memperkuat bisnis rintisannya.

Direktur Utama Bank Mandiri, Budi G. Sadikin mengatakan, Mandiri Inkubator ini dianalogikan seperti "mak comblang". "Di bisnis, 'mak comblang' itu penting. Harus di-match, dibikin ekosistemnya. Investor nggak harus institusional. Bisa juga anak orang kaya," ujarnya.

Menurut Budi, menciptakan pewirausaha tangguh memerlukan dukungan iklim kondusif, termasuk pendampingan dan pelatihan yang sesuai dengan tipe usaha dan karakteristik wirausahawan. Selain itu, juga perlu menghubungkan skema pembiayaan venture capital.

Peluncuran tersebut dihadiri pula oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan. Dahlan pun menyambut baik langkah Bank Mandiri memunculkan bibit-bibit wirausahawan baru.

"Saya ingat, dulu pengusaha kecil selalu ngomel kita diberi ikan terus, katanya nanti dimanja. Diberi pancingan, ngomel tidak diberi tahu caranya. Sudah diberi tahu caranya, ngomel karena pancingan orang lain lebih besar. Intinya, keluhan itu tidak akan pernah ada habisnya, kecuali langsung dijalankan. Bank Mandiri ini memberikan yang lengkap," ujarnya.

Rumah Mandiri Inkubator Bisnis ini sudah dijalankan Bank Mandiri sejak 2007. Ketika pertama digulirkan pada 2007, sebanyak 488 mahasiswa dari 18 perguruan tinggi ikut serta dalam program tersebut.

Pada 2013, jumlah peserta melonjak sampai 6.745 dari 516 perguruan tinggi. Tahun ini, Bank Mandiri pun kembali membuka program serupa. Pendaftaran dimulai pada Desember 2014 melalui web Bank Mandiri. Dengan mengikuti program tersebut, peserta bisa mendapat pelatihan bisnis dari pengusaha senior yang memiliki kapasitas dan kredibilitas yang baik. Hal ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan bimbingan pada wirausahawan muda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.