Harga BBM Bersubsidi Naik, Impor Migas Turun 3 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 30/10/2014, 17:42 WIB
Pengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, beberapa waktu lalu. AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKAPengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, beberapa waktu lalu.
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah melakukan realokasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) akan mengurangi konsumsi premium dan solar. Berkurangnya permintaan tersebut akan berimbas pada kurangnya jumlah impor yang dibutuhkan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, impor BBM bisa ditekan hingga 3 miliar dollar AS setiap tahun, terutama jika pemerintah Jokowi berani menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Rp 3.000 per liter.

"Yang pasti kalau BBM naik setiap Rp 1.000 bisa menurunkan impor migas sebesar 1 miliar dollar AS selama satu tahun," ujar Perry.

Dia memastikan bahwa menaikkan harga BBM bersubsidi akan mengurangi konsumsi premium dan solar. Hanya saja, konsumsi tiap orang akan berbeda.

Namun demikian, Perry menyatakan bahwa realokasi subsidi tidak hanya mengurangi alokasi dana untuk impor BBM. Realokasi subsidi juga akan berefek pada perbaikan defisit transaksi berjalan.

"Tahun lalu 3,3 persen dari PDB, tahun ini 3,1 persen dan tahun depan 2,9 persen. Kalau ada kenaikan harga BBM, tentu akan lebih baik dari itu," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X