Investor di Bengkulu Belum Maksimal Serap Tenaga Kerja

Kompas.com - 05/11/2014, 19:45 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BENGKULU, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi triwulan III-2014 di Bengkulu mencapai 6,03 persen. Angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional 5,01 persen, seperti yang disampaikan BPS RI, Rabu (5/11/2014).

Pertumbuhan ekonomi didapat dari pengeluaran konsumsi rumah tangga, pemerintah, investasi dan ekspor dikurangi impor. Di Bengkulu investasi yang termasuk dalam Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dalam empat bulan terakhir atau triwulan III-2014 mencapai 11,55 persen.

"PMTB ini meliputi investasi modal, bangunan, dan lainnya," kata Kepala Bidang Neraca wilayah dan analisis statistik BPS Bengkulu, Rudy Nooryadi.

PMTB pada triwulan ini mencapai 11,55 persen namun hanya untuk padat modal namun tidak padat karya. "Sehingga belum menyerap tenaga kerja secara maksimal," jelasnya.

Ke depan ia menyarankan Pemda dapat merangkul investor yang tidak saja padat modal tapi juga padat kerja dan karya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X