Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Indonesia Dukung Kebijakan Subsidi Tetap

Kompas.com - 13/12/2014, 14:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mendukung langkah pemerintah yang kini tengah mengaji penerapan subsidi tetap untuk bahan bakar minyak (BBM). Penerapan subsidi tetap dinilai lebih sehat dari sisi fiskal.

"Yang diperlukan untuk menyikapi fluktuasi harga minyak adalah skim pengelolaan sehat, salah satunya fixed subsidy," ujar Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Solikin M. Juhro kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (13/12/2014).

Solikin menuturkan, penerapan fixed subsidy atau subsidi tetap adalah salah satu alternatif solusi bagi pemerintah di tengah munculnya berbagai pertanyaan mengapa pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi pada saat harga minyak dunia melorot tajam.

Solikin mengatakan, pihak bank sentral pun tidak menduga sebelumnya, ketika harga minyak dunia yang masih di kisaran 105 dollar AS per barel, mendadak terjun bebas bak roller coaster.

"Siapa yang bisa nyangka, Juni itu masih 105, tiba-tiba anjlok. Waktu menaikkan harga BBM itu, asumsi yang dipakai masih 105 dollar AS per barel. Kalau ini (harga BBM bersubsidi) diturunkan lagi, kemudian harga minyak dunia naik lagi, apa tidak mengganggu fiskal? Makanya alternatifnya fixed subsidy," jelas Solikin.

Jika subsidi tetap ini diterapkan, konsekuensinya, harga BBM bersubsidi juga akan fluktuatif mengikuti naik-turunnya harga minyak dunia. "Selain fixed subsidy, cara kedua adalah dengan hedging atau lindung nilai," imbuh dia.

Dengan hedging, maka harga beli minyak dalam kontrak juga lebih bisa dijaga, di tengah apresiasi dollar AS yang kuat.

Hingga akhir pekan ini, harga minyak terus merosot. Patokan AS minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, telah kehilangan 99 sen dari Rabu menjadi 59,95 dollar AS per barel. Di London, minyak mentah Brent untuk Januari mengikuti pola yang sama, berakhir turun 56 sen menjadi 63,68 dollar AS per barel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com