Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Telantarkan 11 Penumpang Jurusan Lombok-Bima

Kompas.com - 13/03/2015, 18:20 WIB

MATARAM, KOMPAS.com — Sebanyak 11 penumpang penerbangan Garuda Indonesia GA430 dari Jakarta-Bima yang transit di Praya Lombok tak diangkut oleh pesawat lanjutan, Jumat (13/3/2015). Pesawat lanjutan yang mengangkut ke Bima telah terbang sebelum para penumpang itu mendarat.

Dari 11 orang penumpang itu, satu orang di antaranya adalah seorang anak berusia 4 tahun. Dari pantauan di lapangan, jadwal yang kacau telah terlihat sejak dari Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat dengan nomor penerbangan GA430 itu seharusnya berangkat pukul 10.50, diundur tiga kali dan baru pukul sekitar pukul 12.50 take off. Tak ada penjelasan dari petugas terkait penundaan penerbangan itu.

Suherman, salah satu penumpang, mengatakan, saat pesawat mengalami delay di Jakarta, dia sudah bertanya ke petugas Garuda dan mendapat kepastian bahwa pesawat dari Lombok ke Bima akan menunggu penumpang yang datang terlambat. Namun, begitu mendarat di Lombok ternyata pesawat ke Bima sudah berangkat.

Sementara itu, seorang petugas Garuda di Praya, Agung mengaku tidak ada pemberitahuan bahwa ada penumpang yang harus ditunggu dari Jakarta. "Tidak ada pemberitahuan dari Garuda Jakarta kalau harus menunggu 11 penumpang," kata Agung.

Agung lalu menawarkan penerbangan Garuda berikutnya dua hari kemudian atau pada Minggu (15/3/2015. Namun, para penumpang protes, dan minta dicarikan pesawat apa pun paling telat Sabtu (14/3/2015) pagi.

"Kita tawarkan solusi lain kalau begitu, rombongan 11 penumpang kami antar dengan jalan darat Lombok-Bima," kata Agung.

Ika W Burhan, salah satu penumpang, dan Suherman juga menolak tawaran itu karena lama perjalanan darat hingga 12 jam. Penumpang sepakat minta disiapkan pesawat pengganti pada Sabtu pagi dan menginap di hotel malam ini.

"Saya ini sampai bela-belain beli tiket business class dengan anak saya Hafiy (4)," kata Juliana Rahmah (33) yang harus menjenguk ayahnya yang sedang sakit keras dan minta dijemput.

Humas Garuda Indonesia Pujobroto, saat dikonfirmasi mengenai kejadian ini, mengatakan, pihaknya masih berkomunikasi dengan petugas di lapangan. (HRD/AIK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com