Kebutuhan Lebaran Tinggi, Penjualan Sepeda Lemah

Kompas.com - 28/06/2015, 14:55 WIB
Penjualan sepeda sepi di bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Kompas.com/Desi Safnita SaifanPenjualan sepeda sepi di bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan sebelumnya.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BIREUEN, KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan, penjualan sepeda di pasar Kota Bireuen, Aceh, sepi. Lemahnya penjualan sepeda dipicu oleh tingginya kebutuhan Ramadhan dan persiapan lebaran yang tak lama lagi.

Dari pengamatan Kompas.com, Minggu (28/6/2015), sejumlah toko sepeda yang sudah buka sejak pagi hanya menerima perbaikan sepeda rusak, sedangkan beli baru bisa dihitung jari selama beberapa hari ini.

Lukman, seorang penjual sepeda mengaku selama ramadahan hanya satu unit sepeda baru terjual, sedangkan lainnya hanya perbaikan sepeda seperti ganti rantai dan ganti ban. ”Itu pun mayoritas sepeda anak yang rusak, kalau dewasa hampir tidak ada,” ungkapnya.

Senada disebutkan Edi, penjual sepeda lainnya di depan Meunasah Kota Bireuen. Hampir mentradisi penjualan sepeda melemah selama ramadhan, namun kembali menggeliat pasca lebaran.

"Memang minat menjelang ramadhan bukan pada sepeda baru melainkan baju baru,” sebut Edi tersenyum.

Begitupun ia tak dapat berspekulasi sampai kapan penjaualan sepeda baru maupun bekas kembali tinggi.

Zulkarnain, salah seorang warga, mengaku hanya mampu memperbaiki beberapa sepeda anaknya karena didesak terus. ”Maunya diperbaiki habis lebaran tapi karena anak-anak puasa dan butuh sepeda mengaji terpaksa diperbaiki,” sebutnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X