Kompas.com - 30/07/2015, 08:37 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, melemahnya nilai tukar mata uang terhadap dollar AS terjadi hampir di seluruh negara. Bukan hanya rupiah, Kalla menyebut mata uang negara lainnya cenderung melemah terhadap dollar AS.

"Rupiah itu pengaruhnya eksternal daripada internal karena semua mata uang hampir melemah terhadap dollar AS," kata Kalla di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Kendati demikian, menurut dia, rupiah tidak melemah terhadap mata uang negara kawasan "Kita tidak melemah melawan yen, tidak melemah melawan yuan, tidak melemah dengan ringgit. (Rupiah) hanya melemah terhadap dollar AS karena dia lebih kuat," sambung Kalla.

Untuk menjaga nilai tukar rupiah, Kalla mengklaim bahwa pemerintah telah mengambil sejumlah kebijakan termasuk yang dilakukan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Kalla juga menegaskan bahwa langkah terpenting adalah meningkatkan kemampuan dalam negeri. "Bagaimana kualitas dalam negeri kuat, ekspor bisa lebih baik, tetapi yang tidak bisa kita kuasai adalah harga komoditas yang turun itu," ujar dia.

Nilai tukar rupiah hari ini diperdagangkan menguat terhadap dollar AS. Mengacu kurs Bank Indonesia, nilai tukar rupiah berada di Rp 13.444 per dollar AS. Sementara itu, nilai tukar rupiah kemarin (28/7/2015) menyentuh Rp 13.460 per dollar AS, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor). Posisi itu yang terendah sejak awal tahun 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.