Kompas.com - 28/09/2015, 08:53 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah pada awal perdagangan di pasar spot, Senin (28/9/2015), mencoba bangkit, meski masih dibayangi sentimen negatif dari eksternal.

Berdasarkan data Bloomberg, pukul 08.30 WIB, mata uang garuda berada di posisi Rp 14.672 per dollar AS, dibanding penutupan pekan lalu pada Rp 14.693 per dollar AS.

Hari ini, rupiah diperkirakan masih sulit unggul melawan dollar AS yang didukung data berlevel baik.

Dominasi isu dari Amerika Serikat terus membebani rupiah. Jumat (25/9/2015), di pasar spot, rupiah melemah 0,06 persen ke Rp 14.693 per dollar AS. Menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI), mata uang garuda jatuh 0,45 persen ke Rp 14.690.

Albertus Christian, Senior Research and Analyst Monex Investindo Futures, menjelaskan, rilis data ekonomi AS yang bagus memicu kondisi bahwa aliran dana keluar dari pasar Indonesia (capital outflow) semakin deras.

Data teranyar menunjukkan, pertumbuhan domestik bruto (PDB) Negeri Paman Sam pada kuartal II melebihi perkiraan. "Ini (berpengaruh) negatif pada rupiah," ujarnya.

Perkiraan Albertus, data PDB tersebut akan mendominasi perhatian pelaku pasar. Data ini bakal memperkuat peluang kenaikan suku bunga The Fed. Lebih jauh, hari ini, rupiah rentan jatuh ke Rp 14.630 per dollar AS-Rp 14.745 per dollar AS.

Analis pasar uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri, menambahkan, spekulasi kenaikan suku bunga AS memicu investor untuk lebih nyaman memegang dollar AS. Terlebih lagi, rupiah minim katalis positif. "Namun, BI akan intervensi sehingga rupiah mungkin ke Rp 14.600-Rp 14.800," ujarnya.

 (Maggie Quesada Sukiwan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.